Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan ‘Bloatware’ Android Sekaligus Tanpa Root

Pertama perlu kamu tahu kalau Android adalah milik google. Sehingga wajar kalau dalam device baru pun akan terinstal aplikasi google. Misalnya Gmail dan semisalnya. Nah, aplikasi bawaan itulah yang disebut bloatware. Kabar buruknya, kadang dia tidak kita perlukan. Makanya, ada banyak kasus RAM tiba-tiba habis padahal baru diinstal 1 atau dua aplikasi tambahan. Masalah bukan? iya, sangat masalah. Bahkan menjengkelkan. Makanya, untuk bisa menghemat RAM kita perlu membuang bloatware yang memang tidak berguna.
Setelah faham apa itu bloatware, sekarang kita akan bicara soal cara menghapusnya. Karena orang awam ngga akan faham caranya. Kali ini admin akan ajarkan cara menghapusnya dengan aplikasi. Biar simpel, singkat dan praktis. Yah, kalau memakai komputer dan semisalnya terlalu ribet. Malahan ngga akan faham. Ada kok aplikasi mudah untuk membuangnya.
Meski begitu, wajib kamu pelajari dulu bloatware yang akan dihapus. Jangan sampai kamu salah menghapus, bisa jadi sistem akan rusak sehingga harus update ulang. Oke, kalau memang sudah faham, sekarang kita masuk ke caranya biar lebih cepat dan simpel.

Cara Menghapus Bloatware dengan Aplikasi CC Cleaner No Root dan Tanpa PC

Kalian sudah kenal bukan apa itu CC Cleaner? atau kalian sudah memilikinya? oke, kita akan asumsikan belum punya CC Cleaner. Sehingga kita harus download dulu. Mulai dari yang pertama, ya!
  1. Download dulu aplikasi CC Cleaner di Google PlayStore
  2. Instal aplikasi sampai selesai kemudian Bukan CC Cleaner
  3. Buka aplikasi CC Cleaner kemudian tap atau klik menu Hamburger yang berada di pojok kanan atas.
  4. Selanjutnya klik pada menu “App Manager”
  5. Di Menu APP Manager ada 3 pilihan: Installed, System, Disabled
  6. Perlu kamu tahu, Installed isinya aplikasi terinstal
  7. System isinya aplikasi dan bloatware
  8. Geser ke kanan menuju tab System > ada peringatan menghapus aplikasi system akan menyebabkan masalah> Klik OK
  9. Klik icon sampah>>> Centang aplikasi yang ingin dihapus dan boleh lebih dari satu tanda centang jika ingin menghapus lebih dari satu aplikasi bawaan pabrik.
  10. Apabila sudah memberi tanda centang pada aplikasi yang ingin di hapus makaKlik Uninstall.
Nah, mudah bukan? mudah bangetlah. Karena sudah ada panduan text dan juga gambar. Makanya, ngga usah ragu lagi. Hanya saran admin, kamu harus tahu dulu fungsi aplikasi apa dan jangan asal hapus atau uninstal. Oh ya cara ini bisa di terapkan di hp android merk apapun sebagai contoh sudah di coba di Xiomi, Oppo, Asus, Vivo, Samsung, Smartfren dll.Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Salam

0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel